Aliran-aliran seni rupa

Aliran-aliran seni rupa


 Aliran seni rupa - seni rupa merupakan cabang seni dengan media yang dapat dilihat oleh mata dan dirasakan dengan rabaan.Seni rupa juga dapat diartikan sebagai hasil ciptaan yang memiliki kualitas,hasil,dan ekspresi atau semua hal yang melebihi aslinya.

Biasanya kesan ini dapat diciptakan dengan memperoleh konsep titik,bidang,garis ,bentuk, tekstur, warna,gelap terang,volume dan aturan estetika tertentu. 

Apakah seni rupa memiliki aliran tertentu?
Apa saja aliran seni rupa tersebut dan bagaimana contoh-contohnya.

Kamu jangan khawatir karena disini saya akan membahas aliran dalam seni rupa secara lengkap dan jelas.Berikut aliran- aliran dalam seni rupa..

Aliran Seni Rupa Naturalisme


Naturalisme adalah aliran dalam seni rupa yang berusaha melukiskan sebuah objek yang mempunyai kesamaan dengan keadaan alam.Penganut aliran ini berusaha untuk melukiskan keadaan alam,khusunya dari aspek yang menarik,sehingga lukisan Naturalisme selalu bertemakan keindahan alam dan isinya.
John Amos Comenius seorang filsulf yang hidup pada abad ke-16 tahun 1592-1670 adalah seseorang yang pertama kali memperkenalkan sejarah aliran naturalisme.inilah awal sejarah munculnya aliran nturalisme dalam seni rupa.

Ciri-ciri dari aliran seni ini adalah wujudnya sama persis sesuai dengan aslinya dan dapat dilihat oleh mata kita. Perspeksi,proporsi,keseimbangan,pewarnaan,dan prinsip-prinsip yang dimiliki seni rupa lainya tergambar sesuai pemandangan yang sebenarnya.

Kebanyakan dari aliran seni rupa naturalisme mengambil objek landscape atau pemandangan alam.

Tokoh Indonesia yang  yang mempolulerkan aliran seni rupa naturalisme adalah Wakidi Basuki Abdullah,Gambir Anom,dan Abdullah Sudrio Subroto.

Tokoh Luar Negeri yang mempopulerkan aliran seni rupa aliran naturalisme adalah Theodore Rousseu,Franss Hall,William Bliss Baker,dan William Hogart.

Aliran Seni Rupa Realisme.


lukisansolo.blogspot.com

 Realisme merupakan aliran seni rupa yang menggambarkan objek dengan keadaan benar-benar nyata dan tidak berfokus pada objek.Aliran Seni rupa ini lahir pada pertengahan abad ke-19.Pada tahun 1850-1900.

Ciri-ciri aliran seni rupa realisme adalah penggambaran objek harus sangat diperhatikan dengan detail. Khususnya untuk menciptakan kesan dan suasana dari objek tersebut.

Kebanyakan dari aliran seni rupa realisme mengambil objek seperti manusia ataupun hewan dengan ekspresi yang terlihat hidup.

Tokoh Indonesia yang mempopulerkan aliran seni rupa realisme adalah Tarmizi dan Basuki Abdullah.

Tokoh Luar Negeri yang mempopulerkan aliran seni rupa realisme adalah Charles Prancois,Fransisco de Goya,Honore Daumier,dan Gustove Corbert.

Aliran Seni Rupa Romantisme



Romantisme merupakan aliran seni rupa yang lebih memperlihatkan nilai-nilai estetika, fantastis, irasional, dan absurd. Pada umumnya menggambarkan kisah-kisah yang romantisme atau dramatis. Aliran seni rupa ini awal muncul pada tahun 1770.

Ciri-ciri aliran seni romantisme adalah lebih memainkan warna cerah dan mencolok pada objek,pengaturan komposisi dalam lukisan juga terkesan dinamis, dan benda disekitar objek,penuh gerak, emosi berlebihan, penuh gejolak, dan penuh kegetiran dan menyentuh perasaan para penimatnya.Biasanya aliran romantisme menggambarkan objek yang lebih sedikit.

Kebanyakan dari aliran romantisme ini mengambil objek manusia,khususnya objek pria dan wanita dalam situasi yang romantis.

Tokoh indonesia yang mempopulerkan aliran seni rupa romantisme adalah Raden Saleh
Tokoh Luar Negeri yang mempopulerkan aliran seni rupa romantisme adalah Ferdinand Victor,Victor Marie Hugo,Eugene Delacroix,Theoborre dan Gerriwult.

Aliran seni rupa Ekspresionisme

(https:www.terinartors.com)

 Ekspresionisme merupakan aliran seni rupa yang lebih memperlihatkan curhatan batin pembuatnya secara general dan bebas,baik dari imajinasi,dalam batin,ataupun perasaanya.Aliran ini lahir pada 1853-1890.

Ciri-ciri aliran seni rupa eksresionisme adalah lebih menekankan pada ekspresi ketakutan, kekerasan, kesedihan, kemiskinan ,dan ekspresi manusia. pemilihan warna diutamakan, Aliran seni rupa eksresionisme mengambil objek wajah manusia dengan ekspresi yang diperlihatkan.

Tokoh Indonesia yang mempopulerkan aliran seni rupa ekspresionisme adalah Affandi,Popo Iskandar,dan Srihadi Soedarsono.

Tokoh Luar Negeri yang mempopulerkan aliran seni rupa ekspresionisme adalah Vincent Van Gogh,Ernest Ludwig,Emile Nolde,Paul Gaugiuin,Karl Schmid,JJ.Kandinsky,dan Paul Klee.

Aliran Seni Rupa Impresionisme



Impresionisme adalah objek yang digambarkan tanpa memperlihatkan detail yang khusus dan cenderung kabur dan blur.Aliran seni rupa ini lahir pada tahun 1874.Sebagaian besar aliran seni rupa impresoinisme mengambil objek manusia dan ada juga yang hewan. Aliran ini mengutamakan kesan selintas dari suatu objek yang dilukiskan.Kesan itu dapat dari bantuan sinar matahari yang merefleksi ke mata mereka.

Ciri-ciri aliran seni rupa imprsionisme adalah menonjolkan warna,sangat memperhatikan sinar matahari dan bayangan,sangat dipengarusi oleh keadaan cuaca,tidak pernah menggunakan warna hitam,goresan kuas pendek dan tebal dengan gaya mirip sketsa,untuk memberikan kemudahan pelukis menangkap ensensi subjek dari pada detailnya,meneliti sedetail mungkin sifat pantulan cahaya dari suatu objek untuk kemudian diterapkan di dalam lukisan,dikerjakan diluar ruangan(en plein air)

Tokoh Indonesia yang mempolurkan aliran seni rupa impresionisme adalah Solichin, Kusnadi, Zaini,dan Affandi.

Tokoh Luar Negeri yang mempopulerkan aliran seni rupa impresionisme adalah Claude Monet, Casmile Pissaro,Vincent Van Gogh,Aguste Renoir,Mary Cassat dan Edward Deges.

Aliran Seni Rupa Kubisme



 Kubisme merupakan aliran seni rupa yang cenderung memperlihatkan abbstraksi objek ke dalam bentuk geometri tertentu untuk mendapatkan nilai seni yang indah.Aliran ini lahir padasaat pameran retpektif Cezane yakni pada tahun 1907-1914.

Ciri-ciri aliran seni kubisme adalah dalam penggambaranya objek dirubah dalam kombinasi bidang-bidang seperti persegi,segitiga,lingkaran,dan sebagainya.Objek yang digambarkan biasanya berupa manusia dan hewanmemiliki perpaduan warna yang sangat persepektif,dengan background alam atau bangunan.

Tokoh Indonesia yang mempopulerkan aliran seni rupa kusme adalah Fajar Sidik dan Srihadi Sudarsono.

Tokoh Luar Negeri yang mempopulerkan aliran seni rupa kubisme adalah Pablo Ruiz Picasso, Gezanne, Metzinger, Salvagor Felip Jacint Dali Domenech, Albert Glazes, Barque, Fernand Leger, Robert Delaunay, Fernand Leger,Robert Delaunay,Francis Picabia,dan Juan Gris.

Aliran Fauvisme



 Fauvisme merupakan aliran seni rupa yang menekankan pada corak warna bebas,imajinatif,dan liar.Aliran seni rupa ini muncul sekitar abad ke-20 Masehi.pada tahun 1904-1908.

Ciri-ciri aliran seni rupa fauvisme adalah wujud dari objek yang digambar tidak terlalu penting, keliaran gambar sangat ditonjolkan dan memiliki warna yang imajinatif. Beberapa pelukis ada yang melukis fauvisme ini dalam bentuk landcape dan pula yang tidak terikat pada objek tertentu.

Tokoh Indonesia yang mempopulerkan aliran seni rupa fauvisme belum diketahui

Tokoh Luar Negeri yang mempopulerkan aliran seni rupa  fauvisme adalah Henry Matisse,Raol Dufi,Andre Dirrain,Maurice de Vlamink Paul Cezanne,Paul Gauguin,Gustave Moreau,Dan Kess Van Dogen.

Aliran Dadaisme 



 Aliran dadaisme merupakan aliran seni rupa yang justru dianggap anti seni dan anti perasaan karena aliran seni rupa ini lebih menggambarkan refleksi kekerasan dan kekasaran.Aliran dadaisme menyajikan karya artistic dari bentuk yang seram, magic, mengerikan, kekanak-kanakan (naive), terkadang mengesankan. Aliran ini lahir adalah perang dunia ke-1

Ciri-ciri aliran seni dadaisme adalah gambar suatu objek cenderung berbau kekerasan,kasar,dan bersifat kritikan,sindiran,atapun plesetan,dominasi warna hitam,merah putih hijau dengan pewarnaan primer,tajam dan kontras..

Objek yang dijadikan bahan lukisan tanpa batasan dan sangat beragam, baik benda, manusia, hewan,ataupun tumbuhan.

Tokoh Indonesia yang mempopulerkan aliran seni rupa dadaisme adalah Hendra Gunawan

Tokoh Luar Negeri yang mempopulerkan aliran dadaisme adalah Juan Gross, Guillaume Apollianire, Marcel Duchamp,Max Ernst,Hans Arp.dan Picabia.

Aliran Seni Rupa Futurisme

 dunialukis-javadesindo.blogspot.com

 Futurisme merupakan aliran seni yang sangat menekakan keindahan gerak,garis,visual,dan warna sebagai aliran seni rupa anti kubisme yang dikatakan statis.Aliran ini lahir pada tahun 1909.

Ciri-ciri aliran seni rupa futurisme adalah gambar suatu objek digambarkan dalam bentuk sedang bergerak, sehingga memiliki gerak bayangan disekitarnya, memanfaatkan prinsip aneka tampak(multile viewpoints), memperhatikan tentang kedinamisan, kedisiplinan,dan gaya untuk mengekspresikan kecepatan dan kesamaan waktu. Objek yang dijadikan bahan lukisan biasanya adalah makhluk hidup, misalkan kuda yang berkaki lebih dari 4 karena digambarkan sedang bergerak dalam moel bayangan.

Tokoh Indonesia yang mempopulerkan aliran seni rupa futurisme belum diketahui

Tokoh Luar Negeri yang mempopulerkan aliran seni rupa futurisme adalah Boccioni,Carlo Cara,Severini,Umberto,dan Gioccomo Ballad.

Aliran seni rupa Surealisme

www.bilikseni.com

Surealisme merupakan aliran seni rupa yang ditujukan untuk menggambarkan objek yang sering dijumpai dalam mimpi atau imajinasi lam bawah sadar.Lukisan surealisme juga biasanya memiliki bentuk atau lukisan yang tidak logis serta seperti khayalan.Aliran seni rupa lahir pada tahun 1024.

Ciri-ciri aliran seni rupa Surealisme adalah penggabungan antara dua objek nyata yang berwujud  berbeda dan menjadi unik.aliran surealisme menciptakan lukisan yang penuh dengan fantasi dan khayalan.

Tokoh Indonesia yang mempopulerkan aliran seni surealisme adalah Gusti Putu Saderi dan Abdul Rahman.

Tokoh Luar Negeri yang mempolurkan aliran seni rupa surealisme adalah Andre Masson dan Salvador Dali.

Aliran Seni Rupa Post Moderen/Konteporer/Posmo


 

 Konteporer merupakan aliran seni rupa yang tidak terkait oleh pakem dan berkembang sesuai perkembangan zaman.Aliran seni rupa ini merefleksikan situasi dan waktu secara tematik.Aliran seni rupa ini pada tahun 70 an.

Ciri-ciri aliran seni rupa konteporer adalah penggambaran objek berupa refleksi situasi situasi dan waktu yang tematik.Objek yang digambarkan adalah objek yang dinamis,ekpresif,dinamis,dn mencolok.

Tokoh Indonesia yang mempopulerkaan aliran seni rupa konteporer adalah Jim Nyoman Nuara, Supakat,Sprinka,Dan Angelina P.

Tokoh Luar Negeri yang mempopulerkan alirasn seni rupa konteporer adalah Frank Auerbach, Richard Artschwager,dan Ida Applebroog

Aliran seni rupa Klasikisme (Classicisme)


Aliran ini muncul pertama kali di negara Perancis pada abad ke-29 dan berkembang dinegara sekitarnya seperti di negara Jerman dan Belanda.Disebut dengan klasik ini karena beriorintasi pada kejayaan dan kemegahan gaya klasik Yunani-Romawi Kuno.

Ciri-ciri aliran seni rupa klasikisme adalah penggambaran objek dibuat-buat,objek diperoleh dengan teknik dekoratif,kesan keseluruhan elok,indah(elegan),manis,dan sopan,batasan batasan warna besifat bersih dan statis,raut muka tenang dan berkesan agung.

Aliran Seni Rupa Neo Klasikisme


(c3chanlovely.blogspot.com)

Aliran Neo Klasikisme adalah gerakan untuk mempertegas kembali (neo)kepada aliran klasikisme. Muncul system pendidikan pendidikan bersifat akademis ditambah dengan Royal Academic.kian memperkokoh citra kesenian yang dipancangkan lewat kesenian klasik.Aliran seni rupa ini lahir pada tahun 1789.

Ciri-ciri aliran seni rupa Neo-Klasikisme adalah digambar dalam wujud hiperbolis, seimbaang, dan,menggunakanbatsan warna yang bersih dan statis.Objek yang digambar berlatar istana sentris dan akademis.

Tokoh Indonesia yang mempopulerkan aliran seni rupa Neo-klasikisme belum diketahui

Tokoh Luar Negeri yang mempopulerkan aliran seni rupa Neo-klasikisme adalah Jean August dan dominique ingres.


Aliran Seni Rupa Abstraksionisme


 Abraksionisme merupakan aliran seni rupa yangberkembang bertujuan untuk melepaskan diri dari sensasi-sensasi figuratif suatu objek.Aliran seni rupa ini sangat menghindari pemipuan objek secara mentah dan menganut bentuk dan porsinya.menggunakan warna dan bentuk dalam cara non - abtrak kubistis dan non-figuratif.Aliran seni rupa ini awal muncul pada tahun 1946-1960.

 Ciri-ciri aliran seni rupa abstraksionisme adalah memiliki dua aliran,yaitu abstraksi non figuratigf.Abstraksi geometri bergantung murni.Sedangkan abtraksionisme non figuratif berbentuk garis dan warna.

Tokoh Indonesia yang mempopulerkan aliran rupa abstraksionisme adalah Fajar Sidik dan Zaini

Tokoh Luar Negeri yang mempopulerkan aliran seni rupa abstraksionisme adalah El Lisitxky,wassily Kadinsky,Alexander Rodchenko,Naum Goba.

Aliran Seni Rupa Konstruktivisme



Konstruktivisme merupakan aliran seni rupa yang sangat menekankan pada penggambaran seni sebuah bangunan.Aliran seni rupa ini lahir pada tahun 1915.

Ciri-ciri aliran seni rupa konstruktivisme adalah objek utama yang dilukis merupakan bangunan dengan latar berada disekitar bangunan dari sudut gambar.Objek berupa bangunan klasik,modern,kuno.dan bangunan yang lainya.

Tokoh Indonesia yang mempopulerkan aliran ini adalah Jim Nyoman Nuarta, Supankat, Sprinka, dan,Angelina.

Tokoh luar negeri yang mempopulerkan aliran seni rupa ini adalah Laszlo Moholy,Naum cebo,Liubov Popova,Dan Victor Pasmore.

Aliran Seni Rupa Popular Art/Pop Art.

 

 Popular art adalah aliran seni rupa yang muncul akibat kejenuhan pada seni tanpa objek yang jelas.Aliran seni rupa ini berkembang di Amerika Serikat pada tahun 1956.

Ciri-ciri aliran seni rupa popular art adalah Nyoman Nuarta dan Ris Purnomo

Tokoh Indonesia yang mempopulerkan aliran seni rupa popullar art adalah  Nyoman nuarta,dan Ris Purnomo.

Tokoh Luar Negeri yang mempopulerkan seni rupa pop art adalah Tom Wasselman,Claes Oldebrug, Geograge segal,Yoseph Benys,dan cristo.

Aliran Seni Rupa Pointilisme


 Pointilisme adalah aliran seni rupa yang emnggambarkan suatu objek menggunakan titik-titik.Awal muncul aliran ini adalah pada tahun 1886.

Ciri-ciri aliran seni rupa pointilisme adalah ketika objek digambar maka akan terlihat jelas dari kejauhan dan agak membaur jika dinimati dari dekat.Titik yang digunakan terdiri dari berbagai macam variasi,baik tebal tipis,besar kecil,ataupun berwarna hitam putih.

Tokoh Indonesia yang mempopulerkan aliran seni pointilisme adalah Keo Budi Harijanto dan rijaman.

Tokoh Luar Negeri yang mempopulerkan aliran seni rupa pointilisme adalah Vicent Van Gogh dan Serat's La Parade.

Aliran Seni Rupa Primitif


 Primitif merupakan aliran seni rupa yang memperlihatkan sebuah objek berdasarkan gaya pengambaran yang primitif di dinding goa.Aliran seni rupa ini lahir pada awal abad ke-20.

Ciri-ciri aliran seni rupa primitif adalah objek yang digambar berupa manusia,hewan,dan tumbuhan dalam bentuk garis sederhana.Detail Objek tidak ditonjolkan,Hanya pada penggambaran yang minimalis berupa garis sederhana.

Tokoh Indonesia yang mempopulerkan aliran seni rupa primitif adalah S.Sudjojono.

Tokoh Luar Indonesia yang mempopulerkan aliran seni rupa primitif adalah Ricardo Ponce.

Aliran Seni Rupa Optik



Optik merupakan aliran seni rupa yang memperlihatkan objek menipulasi visual yang bisa menipu penglihatan mata.Aliran seni rupa ini awal muncul pada abad ke -19.

Ciri-ciri aliran seni rupa optik adalah objek yang digambar hanya berupa bidang,garis,ataupun objek yang hanya berwarna hitam putih.Gambar mempunyai bentuk sederhana dan tidak mempunyai detail yang rumit.

Tokoh Indonesia yang mempopulerkan aliran seni rupa optik adlah Agus Djaja.

Tokoh Luar Negeri yang mempopulerkan aliran seni rupa optik adalah Walter Gropius,dan Bridget Louise Riley.

Aliran Seni Rupa Pittura Metafisica


 Pittura Metafisica merupakan aliran seni rupa yang memperlihatkan sebuah objek dengan sentuhan atau goresan metafisica.Aliran seni rupa ini merupakan penentang aliran Futuristik.

Ciri-ciri aliran pittura metafisica adalah objek yang digambarkan berbentuk boneka yang erat dengan hal yang bersifat metafisica dan biasanya berupa manusia yang sedang melakukan aktivitas denga latar belakang tertentu.

Tokoh seni rupa yang belarian seni pittura metafisica dalah Giorgio de chirico Giorgio Morandi,dan Carlo Carra.

Aliran Seni Rupa Gotik


 Gotik merupakan aliran seni rupa yang memperlihatkan aliran suatu objek dengan garis tebal dan bentuk ramping serta menekankan suatu berdasarkan pemilihan warna.Aliran ini lahir pada bad ke-13 di Eropa yang disebut abad pertengahan (abad 13 s/d abad 15)

Ciri-ciri- aliran seni rupa Gotik adalah objek yang digambarkan biasanya adalah fokus tokoh suci,raja,ratu,ataupun kesatri,memperhatikan detail bangunan,.Biasanya lukisan dengan aliran seni rupa gotik terdapat dikerajaan-kerajaan,rumah ibadah,dan juga kastil atau bangunan klasik.

Tokoh indonesia yang mempopulerkan aliran gotik tidak ada.

Tokoh Luar Negeri yang mempopulerkan aliran gitik adalah Albert Durrer,Jan Van Eyck,Mathias Grunnewald,dan Pieter Droughel.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian,ciri-ciri,tokoh,dan jenis-jenis aliran dalam seni rupa.Semoga dapat menambah wawasan kamu tentang aliran seni rupa.



Dikutip dari :





Komentar

  1. numpang share ya min ^^
    bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer